DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

MAYANG NUR AMANAH

44210299

3DA02

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2012

 

DAFTAR ISI

 

 

Daftar Isi      …………………………………………………………………………………..             ii

Kata pengantar         …………………………………………………………………………                        iii

BAB I. PENDAHULUAN     

1.1            Latar Belakang        ……………………………………………..                   1

BAB II. PEMBAHASAN

            Arsitektur Komputer                        …………………………………………………               1,2

            2.1   Peralatan input             …………………………………………………               3

            2.2  Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder                      …………….        3

            2.3 Peralatan Output                       …………………………………………………….                      4       

  BAB III. PENUTUP

            3.1       Kesimpulan     ……………………………………………………………               5

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………               5

                                               .          

 

 

 

 

 

 

ii

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 Puji syukur kita  panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang mana telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah ini sesuai dengan waktu yang telah di tentukan. makalah ini di berjudul  “DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER”.

 Makalah ini berisi penjelasan mengenai DASAR – DASAR PEMROSESAN KOMPUTER bertujuan untuk memahami konsap dasar pemrosesan komputer.

 Saya menyadari bahwa penulisan ini masih terdapat kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya  akan bersenang hati menerima segala saran dan kritik dari para pembaca demi kebaikan dan kesempurnaan tugas ini.

 

 

                                                                                                Jakarta, November 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iii

BAB I

PENDAHULUAN

 

                     Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir di segala bidang menggunakan  komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain-lain. Pemrosesan komputer merupakan dasar-dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user.

Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

 Arsitektur Komputer

 

                        CPU merupakan tempat unit penyimpanan primer, unit aritmetik dan logis, dan unit control. Penyimpanan primer menyimpan instruksi program yang dapat dijalankan dan data yang di   proses oleh instruksi tersebut. Unit aritmetik dan logis (ALU) menjalankan operasi aritmetik dan logis yang di prakarsai oleh instruksi. Unit control menjadikan instruksi dapat dijalankan dengan urutan yang tepat. Sistem komputer juga mempunyai satu atau lebih unit penyimpanan sekunder dan seleksi unit input dan unit output. Sistem komputer kecil hanya mempunyai beberapa unit ini dan system komputer yang lebih besar  dapat mempunyai ratusan.

 

1

Ada tiga point penting yang berhubungan dengan seleksi konfigurasi komputer tertentu.

v  seleksi didasarkan pada aplikasi yang akan dilakukan. Sebagai contoh, unit yang merupakan komputer rumah sakit akan sangat berbeda dengan yang ada di bank atau supermarket.

v   seleksi dibuat oleh pemakai, biasanya dengan bantuan spesialis informasi. Agar pemakai dapat melakukan tugas ini ia harus mempunyai pemahaman mengenai komputer maupun informasi.

v   jika perusahaan telah menerapkan kebijaksanaan resmi mengenai manajemen sumber informasi, seleksi harus sesuai dengan kebijaksanaan tersebut.  

Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :

-          Prosesor

-          Memori

-          Penyimpanan sekunder

-          Perangkat Input

-          Perangkat Output

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

                2.1   Peralatan input

                        Ada empat cara dasar untuk memasukkan data ke dalam computer. Anda dapat mengoperasikan terminal keyboard yang disambungkan langsung kedalam computer, anda dapat mengoperasikan peralatan keydriven yang tidak disambungkan ke computer, data dapat dibaca secara magnetis atau optis dari dokumen atau objek, dan anda dapat  berbicara dengan komputer.

 

            2.2  Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder

Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :

Penyimpanan sekunder :

  • Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
  • Hard Disk : Removable dan Non removable
  •  Floppy Disk
  • Piringan Optik : CD, DVD
  •  USB Flash Disk
  • Smart Card
  •  Kartu memori

 

Bentuk Penyimpanan Sekunder :

                       RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam. ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.

Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

 

 

3

            2.3 Peralatan Output

                         Peralatan Output Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

 Peralatan output dapat berupa:

  • Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  • Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  • Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.

 

 Contoh dari perangkat Output :

 1. Printer

 2. Monitor

 3. Infokus

 

 

 

 

 

4

BAB III

PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

 

                        pengertian komputer bisa ditinjau daribermacam-macam sudut, seperti misalnya: tinjauan komputer dari generasi ke-generasi, tinjauan komputer dari sudut kapasitasnya, dan disamping itu, komputer juga dapat ditinjau dari jenis data yang diolahnya. Walaupun demikian, secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar seperti yang nampak pada gambar. Komputer apapun jenisnya, selalu memiliki suatu peralatan yang disebut sebagai: Input device, Central Processing Unit, Output Device dan External memory.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sumber :

http://mayang puji lestari.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

About these ads

About mae911024

berkacamata,dan punya tanda kenang-kenangan di tangan sebelah kiri
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s